Ika Perwita UNS: Dari Ide Sederhana, Proses Panjang, dan Harapan Bersama (Sejarah Berdirinya Ika Perwita UNS)

DSC_0130

Ketua Ikatan Alumni PWK UNS Periode 2015-2018, Ogi Dani Sakarov, bercerita tentang awal mula berdirinya IKA Perwita UNS dalam sebuah wawancara singkat dengan Alumnipedia. Beliau bercerita banyak mengenai bagaimana proses berdirinya organisasi ini dari awal hingga saat ini. Berikut hasil wawancara yang telah berhasil dihimpun oleh Alumnipedia :

Alumnipedia : Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta telah memiliki wadah ikatan alumni, kenapa teman-teman PWK (Perencanaan Wilayah Kota-red) UNS terpikirkan ide untuk membentuk ikatan alumni prodi PWK UNS?

Ogi : Sebenarnya simpel, kita butuh wadah untuk berbagi (#asiik). Berbagi segala macam yang kami ketahui terkait dengan apapun yang bermanfaat untuk para alumni dan juga civitas akademika. Kami (angkatan 2006, 2007) termasuk mahasiswa generasi awal yang masuk ke prodi PWK UNS ini. Sangat terasa sekali dalam berbagai aktivitas kemahasiswaan kami memulai semuanya dari awal, termasuk dalam mencari referensi perkuliahan, tugas akhir ataupun ketika mencari tempat untuk kerja praktik. Hal ini cukup menyusahkan karena kami belum memiliki channel atau relasi alumni dimanapun atau bahkan sekedar bagaimana ‘wujud’ dari sebuah tugas akhir yang baik. Pun ketika mendekati masa kelulusan, beberapa dari kami masih agak khawatir apakah bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian kami. Setelah hampir sepuluh tahun prodi PWK UNS ini berdiri, tentu telah meluluskan sekian banyak mahasiswa yang telah berkarir di berbagai bidang, instansi pemerintah, konsultan perencana, institusi pendidikan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tentu ini adalah sebuah kebanggaan dan patut untuk diapresiasi dan akan sangat baik apabila capaian ini bisa diikuti oleh generasi yang akan datang. Atas dasar itulah, kami sebagian alumni berinisiasi membentuk sebuah wadah alumni yang harapannya bisa bermanfaat bagi semua. Dengan wadah ini kami bisa bertukar informasi, saling membantu dalam berbagai hal, atau mewujudkan impian yang sama untuk menjadi perencana yang sukses. Dengan wadah ini kami bisa mengorganisir diri, melakukan berbagai hal dengan lebih terstruktur sehingga dapat memberikan kemanfaatan maksimal bagi semua.

Alumnipedia : Mohon diceritakan awal ide untuk merealisasikan ikatan alumni PWK UNS bermula, kapan, dan siapa saja yang ikut menggagas?

Ogi : Sebenarnya berawal dari obrolan sederhana ketika bertemu sesama alumni dan juga chat di media sosial. Kami saling bertukar cerita terkait dengan pengalaman kerja, melanjutkan studi, mencari beasiswa, hingga adik-adik tingkat yang sering menanyakan pada kami terkait dengan bagaimana mencari pekerjaan, tips mendapat beasiswa S2 bahkan ada yang bertanya tentang tugas akhirnya kepada kami (tertawa). Dari berbagai hal yang terakumulasi ini, salah satu ada yang berkata,“Kenapa kita tidak membuat wadah alumni saja? jadi kalau ada yang butuh informasi apapun dan bantuan alumni, ada pintu yang bisa dihubungi.“ Kira-kira sekitar akhir tahun 2013 ide ini muncul dan kami mulai untuk mencari tanggapan dari para alumni di masing-masing angkatan (melalui sarana-sarana diskusi di sosial media dan chat). Tentu saja, tidak semua alumni tertarik dengan hal seperti ini. Nah, dari beberapa alumni yang antusias ini, kami mulai mengorganisir diri untuk membentuk Tim Formatur Organisasi Alumni dan terbentuklah Tim Formatur Ikatan Alumni PWK UNS secara online. Bahkan hingga agenda Musyawarah Besar kami melakukan kerja-kerja Tim Formatur hanya dengan koordinasi online dan bertemu ketika hari H. Salut dengan kemauan keras Para tim Formatur.

Alumnipedia : Bagaimanakah proses yang telah dilalui hingga Ikatan alumni ini terbentuk? Siapa sajakah pihak yang terlibat?

Ogi : Tentu, dalam proses pembentukan ikatan alumni ini melibatkan semua alumni tiap angkatan mulai 2006 hingga 2010, dan juga civitas akademika, seperti dosen dan Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota May Virida (HMPWK May Virida). Sekitar tengah tahun 2014 datang dukungan dari pihak prodi dalam pembentukan organisasi alumni ini, karena keberadaan organisasi alumni dinilai mendukung dalam upaya peningkatan kualitas lulusan Prodi PWK UNS. Sekali kami bersilaturahim ke salah satu dosen PWK untuk meminta pendapat dan masukan terkait yang kami kerjakan dan beliau memberi beberapa arahan bagaimana menyelaraskan organisasi ini dengan aktivitas prodi baik perkuliahan ataupun aktivitas kemahasiswaan, semua saran kami jadikan masukan dan kami lanjutkan proses pembentukan. Setelah prasyarat berdirinya sebuah organisasi kami penuhi, kami sepakat untuk menggelar Musyawarah Besar ke 1, sebagai momen berdirinya organisasi alumni ini. Dengan bekerjasama dengan pihak HMPWK May Virida kami melaksanakan Musyawarah Besar di Ruang 201 Gedung 2 Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur UNS pada tanggal 28 Februari 2015. Dengan ini organisasi alumni PWK UNS resmi berdiri dengan nama IKA PERWITA UNS (Ikatan Alumni Perencanaan Wilayah dan Kota UNS).

Alumnipedia : Apakah kendala dan tantangan selama proses menuju terbentuknya Ikatan alumni? Dan bagaimana teman-teman penggagas dapat menyelesaikan permasalahan tersebut?

Ogi : Jelas kendala terbesar adalah momen untuk koordinasi, dan menyempatkan waktu untuk mengerjakan segala macam keperluan terkait kebutuhan berdirinya IKA (Ikatan Keluarga Alumni-red). Secara pribadi saya salut pada teman-teman pengurus IKA, dengan berbagai kesibukan yang dijalani masih bisa menyempatkan untuk menyelesaikan tugas – tugas yang kami bagi bersama dalam pembentukan IKA ini. Mungkin karena kendala waktu dan kesibukan inilah yang menyebabkan kami membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk menyelesaikan konsep dan perangkat organisasi. Selama ini, hampir 90% koordinasi, baik tim formatur atau pengurus yang baru terbentuk dilakukan secara online dengan media internet. Hal ini sangat membantu kami mengingat masing-masing anggota terpisah antar kota bahkan pulau dan provinsi. Mungkin ini juga semacam reunian online semua angkatan. Secara legalitas, karena kami organisasi eksternal kampus, jadi tidak ada ikatan secara struktural dengan kampus dan semua agenda ikatan alumni pada dasarnya diadakan secara mandiri. Namun secara kultural, jelas ada hubungan baik dengan keluarga besar prodi PWK, jadi sangat memungkinkan bagi kami untuk bekerjasama dengan pihak HMPWK May Virida misal dalam mengerjakan suatu program. Dan untuk komunikasi dengan pihak kampus, sejauh ini cukup baik dan saling membantu, semoga hubungan baik ini terus berjalan.

Alumnipedia : Pada Musyarawarah Pembentukan, anda terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni. Bagaimana rencana kerja anda selama periode kepengurusan ini?

Ogi : Ah iya. Mungkin seperti pepatah Jawa Usul Mikul (siapa mengusulkan dia yang mengerjakan-red) (tertawa) tapi ya tidak sepenuhnya seperti itu, karena disini saya dibantu banyak teman yang sama-sama berkeinginan mendirikan IKA jadi semua tugas terdistribusi merata. Pasca pembentukan, kami telah menyusun rancangan Garis Besar Haluan Kerja IKA, jadi pasti ke depan apa yang kami kerjakan dalam bentuk program-program bidang tidak keluar dari arahan tersebut. Kami baru saja selesai menyusun struktur kepengurusan dan telah melakukan koordinasi awal baik tiap bidang atau seluruh pengurus dan untuk beberapa waktu ke depan direncanakan untuk mendiskusikan dan menyusun program kerja masing-masing bidang/divisi sesuai lama krepengurusan selama 3 tahun. Karena kondisi alumni sangat berbeda dengan mahasiswa dengan begitu banyak waktu luang dan sumber daya, jadi kami perlu banyak belajar terkait dengan bagaimana cara komunikasi dan koordinasi yang efektif dan efisien. Begitu juga dalam pengelolaan sumber daya guna menjalankan program-program kami kedepan. Oleh karena itu, akan sangat baik jika dalam pengelolaan kegiatan IKA ini kami menggandeng sebanyak mungkin pihak lain agar berjalan efektif dan efisien dengan tetap mengacu paca visi misi dan arahan kerja.

Alumnipedia : Apa harapan untuk ikatan alumni ini, untuk periode kepengurusan sekarang dan untuk ikatan alumni kedepannya?

Ogi :

  • Kepengurusan ini adalah awal, memang memulai sesuatu adalah hal yang berat, namun menjaganya agar tetap berjalan adalah hal yang lebih berat. Semoga kepengurusan ini mampu bertahan hingga akhir kepengurusan nanti dan budaya ini bisa diteruskan oleh kepengurusan yang akan datang.
  • Menjadi alumni adalah status seumur hidup, jadi akan sangat memungkinkan bagi setiap alumni untuk terus berkontribusi di IKA ini.
  • Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah sebuah kebahagiaan, namun membentuk sebuah entitas yang berdayaguna tentu lebih baik dan mulia. Oleh sebab itu, dengan semangat “bermanfaat bagi sesama”, mari kita bangun entitas alumni PWK UNS ini menjadi entitas yang bermanfaat tanpa henti, meski kita para alumni telah menjalani berbagai profesi dan kesibukan lain, pasti ada yang bisa kita berikan kepada sesama. IKA ini ada untuk itu.
  • Ber-se-ma-ngat !!!! 😀
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s